š LKPD Kelompok – Bentuk Akar
Konsep dan Penyederhanaan Bilangan Bentuk Akar
š Informasi Kelompok
Nama Kelompok:
Anggota Kelompok:
Mari kita temukan hubungan antara bilangan berpangkat dengan bentuk akar! Lengkapi tabel berikut:
š” Kesimpulan:
Dari eksplorasi di atas, apa yang dapat kalian simpulkan tentang hubungan antara operasi pangkat dua (²) dengan operasi akar kuadrat (ā)?
š Tabel Bantuan – Bilangan Kuadrat Sempurna
| n | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 |
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| n² | 1 | 4 | 9 | 16 | 25 | 36 | 49 | 64 | 81 | 100 |
Sekarang mari belajar menyederhanakan bentuk akar dengan mencari faktor kuadrat sempurnanya!
š Langkah-langkah Penyederhanaan:
- Cari faktor dari bilangan di dalam akar
- Identifikasi faktor yang merupakan kuadrat sempurna
- Keluarkan akar dari kuadrat sempurna
- Tuliskan hasil akhir
Contoh: ā8 = ā(4 Ć 2) = ā4 Ć ā2 = 2ā2
Buatlah 3 contoh bentuk akar yang berbeda beserta cara penyederhanaannya! Tuliskan langkah-langkahnya dengan jelas.
Contoh 1:
Contoh 2:
Contoh 3:
š¤ Refleksi Kelompok
Jawablah pertanyaan berikut bersama kelompok kalian:
1. Apa kunci utama untuk dapat menyederhanakan bentuk akar?
2. Kesulitan apa yang kalian hadapi dalam mempelajari materi ini?
3. Bagaimana kalian akan menerapkan konsep ini dalam kehidupan sehari-hari?
